Mengidentifikasi Pekerjaan Kantor

A. Jenis-Jenis Pekerjaan Kantor

a. Menghimpun

Contoh: mengumpulkan data, mencari informasi, membuat kliping, serta mengumpulkan berita dan menyusunnya.

b. Mencatat

Contoh: membuat surat, notula, mencatat kegiatan, dan membuat tulisan di berbagai media

c. Menggandakan
Contoh: foto kopi, mencetak informasi dengan printer atau risograph

d. Mengirim

Mengirim surat lewat pos, faksimile, email dan mendistribusikan informasi

e. Menyimpan

Contoh: menyimpan surat/arsip, menyimpan data/informasi ke komputer dan menyusun buku di perpustakaan

f. Melakukan komunikasi

Contoh: bertelepon, korespondensi, chatting dan teleconference

g. Menghitung

Contoh: menghitung data penjualan, keuangan, dan jumlah sarana dan prasarana

h. Pekerjaan lainnya

Contoh: pelayanan tamu, kurir dan petugas kebersihan kantor

Menurut George R. Terry, , persentase pekerjaan kantor untuk menunjang tugas utama perusahaan adalah :

1. Typing : 24,6%

2. Calculating : 19,5%

3. Checking : 12,3%

4. Filling : 10,2%

5. Telephoning : 8,8%

6. Duplicating : 6,4%

7. Mailing : 5,5%

8. Other : 12,7%

Total : 100%

Komentar